Senin, 13 Januari 2014

ya chi 牙齿

Worksheet ini kupakai untuk murid-murid Playgroup ( 2 tahun ), belajar mengenal gigi dalam bahasa Mandarin. Dapat digunakan untuk guru playgroup di sekolah ataupun orang tua di rumah.

Bahan yang diperlukan lembar worksheet yang telah diberi double tape dan 
2 gabus ukuran 1 x 20 cm.
Tujuan pembelajaran :
  • Mengenalkan gigi dalam bahasa Mandarin
  • Mengetahui letak gigi ada di atas dan bawah
  • Melatih motorik halus untuk memutus
Cara pelaksanaan :
  1. Panggil seorang murid ke depan, dan tunjukkan ke murid-murid yang lain. Kalau mulut dibuka didalamnya ada gigi, gigi letaknya ada di atas dan di bawah.
  2. Setelah itu tunjukkan lembar worksheet dan tunjukkan sekali lagi letak gigi di atas dan di bawah ( tunjuk ke bagian yang ada double tape nya ).
  3. Keluarkan gabus dan tunjukkan cara memutus gabus dengan dua tangan ( bukan ditarik /  di garuk dengan jari ), sesudah mereka berhasil menghasilkan potongan gabus  yang cukup berikan lembar worksheet.
  4. Ajarkan mereka menarik double tape sendiri ( akan lebih memudahkan jika ujung dari double tape tersebut telah dibantu dibuka sedikit ) sehingga anak-anak akan mudah menariknya. ( Pada anak usia yang lebih besar, mereka mampu membuka sendiri ).
  5. Biarkan mereka meletakkan dan menyusun potongan gabus sendiri.
  6. Sebagai hasil akhir guru / orang tua dapat membantu membersihkan bagian yang tidak menempel.
Hasil :
Akan menakjubkan, selama proses berlangsung ruang kelas akan dipenuhi dengan butiran putih seperti salju, gambar yang ditempel akan menunjukkan seperti anak yang giginya besar-kecil, rusak / keropos. Jika motorik halus mereka bagus dan mampu menempelkan dengan rapi, maka hasilnya adalah gambar dengan gigi yang baik. 

Playgroup, Kindergarten & Elemantary Activities to learn Chinese with Fun by Hu lao shi

Hu laoshi – Kursus Bahasa Mandarin Surabaya
( TK- SD - SMP – SMA )
031-71475878 / 081 5536 98988

0 komentar: