Kamis, 02 Januari 2014

ba luo bo 拔萝卜





Cerita ba luo bo ini merupakan salah satu cerita favorit saya, inti ceritanya mengajarkan tentang dengan bersatu kita mempunyai kekuatan lebih. Pertama kali saya dengar cerita ini ketika saya belajar di china, cerita ini memberikan kesan yang mendalam. Ketika saya magang di salah satu sekolah TK di China dan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas, saya memilih menggunakan cerita ba luo bo ini. Reaksi pertama kali dari murid-murid disana ketika mengetahui saya akan menceritakan ba luo bo ini, mereka mengatakan bahwa mereka sudah pernah mendengar dan tahu ceritanya. Oouups dalam hati saya berkata bagaimana ini, untungnya saya segera mengatakan kl ba luo bo yang akan saya ceritakan adalah ba luo bo Indonesia, saya minta mereka membandingkan apa ceritanya sama dengan yang sudah pernah mereka dengarkan hahah... Akhirnya murid-murid antusias mendengarkan cerita dan mau mengikuti saya bergaya sesuai cerita tersebut.


Ketika pulang ke Indonesia, saya juga sempat menggunakan cerita ini untuk mengajar murid-murid Playgroup (usia 3tahun ). Tujuannya untuk melatih pendengaran dan pemahaman murid-murid. Cerita saya sampaikan dengan menggunakan full bahasa mandarin, tentunya dengan menggunakan alat peraga dan dengan pengulangan beberapa kali (4x) . Setelah itu saya bagikan lembar worksheet, seperti berikut ini :
Dalam worksheet saya minta orang tua di rumah menanyakan pada anak-anak cerita apa yang didengar di sekolah, dan menuliskannya sesuai versi anak-anak ( tentunya dengan menggunakan bahasa Indonesia ). Hasilnya sebagian besar murid mampu menceritakan dengan baik.

Silakan dicoba, ceritanya pendek, sebagian besar berupa pengulangan, pengenalan kosakata juga cukup mudah ( ( lao gong gong > kakek tua,  lao po po  > nenek tua,  xiao hua gou  anjing belang kecil, xiao hua mao  >  kucing belang kecil, xiao lao shu tikus kecil , luo bo wortel / lobak ).

Playgroup, Kindergarten, and Elemantary activities to learn Chinese with fun by Hu laoshi

Hu laoshi – Kursus Bahasa Mandarin Surabaya
( TK- SD - SMP – SMA )
031-71475878 / 081 5536 98988


0 komentar: