Minggu, 23 Maret 2014

Wo de jia ren 我的家人

Hallooo… Hari ini kita akan belajar sebutan untuk anggota keluarga dalam bahasa Mandarin / Chinese  :
爸爸 bàba  > ayah
妈妈 māma > ibu
哥哥 gēge > kakak laki-laki
姐姐j iě jie > kakak perempuan
弟弟 dìdi > adik laki-laki
妹妹 mèimei > adik perempuan

Cara / Tips untuk mengingat bentuk hanzi diatas dengan cepat :
妈妈 māma, 姐姐 jiě jie, 妹妹 mèimei  > di depan hanzi nya terdapat bentuk “ nǚ“ ini artinya perempuan, karena ibu, kakak perempuan dan adik perempuan semuanya adalah wanita / perempuan maka hanzinya mengandung  “女 nǚ “. 
Untuk membedakan belakangnya 妹妹 mèimei karena adik perempuan masih kecil maka dia suka memakai rok yang bisa terbuka dan berputar
Sedangkan 姐姐 jiě jie kakak perempuan biasanya lebih dewasa dan mungkin sudah bekerja sehingga suka memakai rok kerja / span yang lurus  .  
妈妈 māma merupakan gabungan nǚ +mǎ ( perempuan + kuda ) tapi artinya bukan berarti kuda perempuan lo ya. Kata马 mǎ dipakai karena mempunyai kemiripan suara dengan māma, dan karena kuda adalah pekerja keras dan ibu biasanya diibaratkan dengan pekerja yang rajin.

爸爸 bàba  > ayah karena telah dewasa digambarkan memiliki kumis, jadi dibagian atasnya ada bentuk seperti kumis ( bentuk ini juga terdapat dalam hanzi kakek )
弟弟 dìdi / adik laki-laki karena masih kecil rambutnya baru tumbuh, jadi hanya ada 2 rambut diatasnya, sedangkan kaki satunya dia suka menendang keluar.
哥哥 gēge / kakak laki-laki suka bermain bola sehingga dalam hanzinya terdapat bentuk kotak-kotak kecil seperti bola.

Apakah anda sudah dapat mengenali dan membedakan hanzi -hanzi tersebut ?
Berikut saya bagikan juga worksheet tentang anggota keluarga, saya pernah menggunakannya untuk anak-anak kindergarten. Namun bagi anda yang baru pertama kali belajar bahasa Mandarin / Chinese, juga dapat mencobanya.


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !


Playgroup, Kindergarten, and Elementary Activities to Learn Chinese with Fun by Hu Laoshi


Hu laoshi – Kursus Bahasa Mandarin Surabaya
( TK- SD - SMP – SMA )
031-71475878 / 081 5536 98988


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Very helpful 👍👍👍