Rabu, 12 Februari 2014

Belajar Mandarin Menyenangkan dengan Chineasy

Belajar Bahasa Mandarin yang Fun itu adalah melalui  ilustrasi / gambar sederhana dan menyenangkan. Dengan mengasosiasikan karakter-karakter mandarin dengan gambar maka akan memudahkan anak-anak untuk mengingat, membaca dan menuliskan karakter Mandarin. Jika dimulai dari awal yaitu sejak anak-anak TK  atau SD, maka ke depannya akan membantu mereka lebih cepat dan lebih mudah dalam mempelajari lebih banyak huruf Mandarin.

Ketika saya memikirkan bagaimana cara yang cepat supaya murid-murid dapat cepat mengingat huruf karakter Mandarin yang sedemikian banyak jumlahnya, saya membaca tentang Chineasy oleh ShaoLan. Menurut saya metode yang digunakannya menarik dan dapat diterapkan untuk membantu lebih banyak orang, khususnya orang-orang Indonesia dalam belajar bahasa Mandarin 


Seperti contoh diatas kata rén= orang , tulisannya seperti orang yang sedang berjalan. Ingat orang berjalan itu anggota tubuhnya menempel ( tidak terpisah ). Jadi hati-hati dalam penulisannya kalau terpisah akan menjadi ( ba ) = delapan.
kǒu =mulut , cara mengingatnya juga gampang seperti mulut yang terbuka lebar.
huǒ = api,  gambarnya seperti orang dengan dua tangan terangkat minta tolong , saya lagi kebakaran
mù = kayu / pohon, gambarnya seperti batang, ranting dan akar dari pohon.
mén = pintu, dalam gambar digunakan bentuk tradisional Chinese, bentuk ini digunakan karena menurut ShaoLan lebih memudahkan orang untuk mengingatnya, bentuknya seperti pintu-pintu pada masa koboi. Jadi jangan kuatir bentuk-bentuk yang digunakan merupakan kombinasi dari Simplified Chinese dan Tradisional Chinese, yang mana yang dirasa lebih cocok dan mendekati artinya.

Menariknya lagi ShaoLan dalam Chineasy mengatakan kalau belajar Mandarin seperti bermain lego, dimana huruf-huruf itu seperti blok-blok tersendiri, jika digabungkan / disusun akan membentuk kalimat / bentuk baru
Contohnya seperti  kǒu=mulut , 
jika digabung dengan shuǐ = air,   
口水maka artinya adalah air dari mulut  berarti “air liur”.


Contohnya lainnya seperti huǒ = api, 
jika digabung dengan shān, 
火山 maka artinya adalah api gunung berarti “gunung berapi”

Menurut saya  metode pengajaran dengan Chineasy dapat diterapkan di Indonesia, materinya dapat digunakan oleh guru-guru sekolah / guru les untuk mengajar, orang tua juga dapat mengunakannya untuk mengajari / mereview anak di rumah. Bahkan bisa saja digunakan oleh murid-murid untuk belajar sendiri. Pertanyaannya sekarang dimana kita dapat membelinya. Ketika saya search di amazon harga Chineasy Hardback $18.62 namun itu belum termasuk ongkos kirim dan amazon ternyata belum melayani pengiriman ke Indonesia.

Jadi dimana kita dapat membelinya? Akhirnya saya membaca review tentang book depository  yang bisa melakukan pembelian buku-buku seperti di amazon dan melayani pengiriman ke Indonesia serta bebas biaya pengiriman. Pelayanannya cukup cepat dan dapat dipercaya. Buku Chineasy yang dijual di Book Depository juga ada dua macam Chineasy Hardback dijual $22.37. Sedangkan Chineasy Paperback dijual $19.23. Harganya memang lebih tinggi sedikit dari amazon tapi gratis biaya kirim.

Chineasy Hardback

Chineasy Paperback
 Semoga informasi ini berguna dan selamat mencoba !

Playgroup, Kindergarten and Elemantary Activities to Learn Chinese with Fun with Hu laoshi


Hu laoshi – Kursus Bahasa Mandarin Surabaya
( TK- SD - SMP – SMA )
031-71475878 / 081 5536 98988


0 komentar: